Header AD

Yuk jadi perwakilan Universitas Baturaja di Microsoft Student Partner 2016 - Part 1

Apakah anda seorang mahasiswa yang sedang mengikuti gejolak perkembangan teknologi? teknologi disini bukan hanya teknologi yang berhubungan dengan programming yang biasanya lebih menjurus kedalam perkuliahan teknologi informasi atau sistem informasi, tetapi teknologi yang mencakup didalam kehidupan, baik dari sektor pendidikan, pertanian , komputer dan sebagainya.

(Sumber Photo : Microsoft Student Partner)

jika benar, kenapa tidak ikut menjadi ambassador microsoft student partner?

tetapi sebelum kita mengenal microsoft student partner lebih lanjut, izinkan saya memperkenalkan diri terlebih dahulu :)



perkenalkan nama saya Ade Haryanto, saya adalah mahasiswa Universitas Baturaja angkatan 2012 jurusan Teknologi Pendidikan (S1) fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. saya pertama kali mendengar MSP saat iseng browsing mencari refferensi programming untuk membuat sebuah aplikasi smartphone, saat itu saya masih awam sekali dan tidak mengerti apa itu MSP, dan bagaimana sistemnya, kebetulan saya tertarik di dunia teknologi, 

kebetulan saya pernah sekolah di smk sulaiman sleman, yogyakarta jurusan Rekayasa Perangkat Lunak, dan pernah mengikuti LKS (Lomba Kompetisi Sekolah) dibidang web desain tingkat kabupaten di Universitas Negeri Yogyakarta 2009 lalu, kemudian saat kelas 3 saya terpaksa pindah sekolah karena satu hal yang tidak bisa saya ceritakan, saya pindah ke smk sentosa bhakti baturaja 2011 akhir dan lulus pada 2012 melanjutkan studi di universitas baturaja.

(Sumber Foto : Sindonews)

saya juga pernah mewakili startup saya (Xidsoft) ke dalam kompetisi nasional yang diadakan indosat (Indosat Wireless Innovation Contest) dan alhamdulilah saya mendapatkan juara III kategori disable inovasi application pada november 2014.

meskipun saya kurang berbakat dibidang pengembangan aplikasi (sampai saat ini sayapun masih awam dalam hal ini), tapi saya memberanikan diri mengikuti requirement (penerimaan) microsoft student partner, saat itu saya sedang berada di semester 6 pada bulan januari - februari.

saat itu saya mengisi form untuk tahap penyisihan pertama yang bisa dibilang lumayan memutar otak karena waktu angkatan saya masih menggunakan form bahasa inggris berbeda dengan sekarang, dan alhamdulillah saya lolos tahap ini.

(kak Arief Rahmansyah Universitas Sriwijaya)

kemudian saat tahap kedua saya mendapat email dari msp indonesia untuk video call skype atau telpon langsung untuk mewawancarai untuk mengetahui sampai dimana bakat, minat dan keseriusan untuk mengikuti msp, kebetulan yang mewawancarai saya adalah kak arief rahmansyah (saat ini sudah alumni msp karena sudah wisuda) dari universitas sriwijaya, karena lokasi saya 7-8 jam dari palembang maka wawancara via telpon, dan alhamdulillah saya lolos lagi tahap kedua ini.

terakhir tahap ketiga saya mendapat email untuk menyesaikan skoring dokumen msp (berbentuk excel), disini saya masuk dalam regional sumatera & jateng (bisa dibayangkan gimana persaingannya) tugasnya bisa dibilang lumayan berat dalam tahap ini bukan hanya satu misi tapi ada beberapa misi yang tidak dapat saya jelaskan secara detail.

dan akhirnya pengumuman muncul saya bersyukur lolos terpilih menjadi anggota MSP Indonesia.

(Klik untuk zoom)

Bagi teman-teman yang merasa Skill dan Pengetahuan IT-nya kurang, kalian harus tetap optimis ya, karena hal ini tidak terlalu diwajibkan, yang penting kalian bisa bersaing dengan kandidat lain selama proses seleksi, tapi tetap kalian akan diminta untuk Belajar tentang kode, dan membangun Aplikasi. Hal ini dibutuhkan karena di akhir proses seleksi kalian akan diminta untuk membangun sebuah Aplikasi


Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama
Post ADS 1
Post ADS 2