Header AD

Aplikasi Universal HTML Sederhana Bagian 2 : Membuat Program Baru Halo Ade Haryanto

Pembuka

Halo teman-teman bertemu lagi di blog ade xidsoft (Ade Haryanto) kita akan melanjutkan membuat aplikasi universal HTML sederhana dengan membuat project baru dibagian kedua ini kita akan membahas menggunakan HTMl sederhana dilanjutkan nanti dengan javascript sederhana dan css sederhana untuk mempercantik tampilan. silahkan dipelajari bro.

Contoh Program 

Mobile Phone Application :

https://www.windowsphone.com/en-us/store/app/liwi-indonesia/80f6a9c7-f28a-48d0-935c-b76ba5b365bc


Windows 8.1 Application :

Mengenal HTML

Hyper Text Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markah yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi. Sumber (Wikipedia)

Sejarah HTML

Tahun 1980, IBM memikirkan pembuatan suatu dokumen yang akan mengenali setiap elemen dari dokumen dengan suatu tanda tertentu. IBM kemudian mengembangkan suatu jenis bahasa yang menggabungkan teks dengan perintah-perintah pemformatan dokumen. Bahasa ini dinamakan Markup Language, sebuah bahasa yang menggunakan tanda-tanda sebagai basisnya. IBM menamakan sistemnya ini sebagai Generalized Markup Language atau GML.
Tahun 1986, ISO menyatakan bahwa IBM memiliki suatu konsep tentang dokumen yang sangat baik, dan kemudian mengeluarkan suatu publikasi (ISO 8879) yang menyatakan markup language sebagai standar untuk pembuatan dokumen-dokumen. ISO membuat bahasa ini dari GML milik IBM, tetapi memberinya nama lain, yaitu SGML (Standard Generalized Markup Language). ISO dalam publikasinya meyakini bahwa SGML akan sangat berguna untuk pemrosesan informasi teks dan sistem-sistem perkantoran. Tetapi di luar perkiraan ISO, SGML dan terutama subset dari SGML, yaitu HTML juga berguna untuk menjelajahi internet. Khususnya bagi mereka yang menggunakan World Wide Web. Versi terakhir dari HTML saat ini adalah HTML5. Sumber (Wikipedia)

Contoh Coding Untuk HTML5

<!DOCTYPE HTML>
     <html>
          <head>
               <meta name="author" content="Ade Haryanto">
         </head>
         <body> 
              <p>Hello World</p>
         </body>
</html>

Mengenal JavaScript

JavaScript adalah bahasa pemrograman berbasis java yang merupakan interface pembantu dalam pemrograman web. JavaScript populer di internet dan dapat bekerja di sebagian besar penjelajah web populer seperti Internet Explorer (IE), Mozilla Firefox, Netscape dan Opera. Sumber (Wikipedia)

Sejarah JavaScript

JavaScript pertama kali dikembangkan oleh Brendan Eich dari Netscape dibawah nama Mocha, yang nantinya namanya diganti menjadi LiveScript, dan akhirnya menjadi JavaScript.
Navigator sebelumnya telah mendukung Java untuk lebih bisa dimanfaatkan para programmer yang non-Java. Maka dikembangkanlah bahasa pemrograman bernama LiveScript untuk mengakomodasi hal tersebut. Bahasa pemrograman inilah yang akhirnya berkembang dan diberi nama JavaScript, walaupun tidak ada hubungan bahasa antara Java dengan JavaScript. Sumber (Wikipedia)

Contoh JavaScript

<script type="text/javascript">
           alert("Halo Ade Haryanto!");
</script>

Membuat File Baru

Klik File -> New -> Project

Klik disebelah kiri menu JavaScript -> Store Apps -> Universal Apps -> Pilih Navigation App (Universal Apps) dan jangan lupa merubah Name , Location dan Solution name (Sangat Disarankan), Dan Klik OK.


Kita hanya akan merubah isi dari "home.html"  dibagian sebelah
kanan Aplikasi_Sederhana.Shared -> pages -> home -> home.html , double klik "home.html
"


kita akan merubah isi kode
<span class="pagetitle">Navigation Template!</span>
menjadi
<span class="pagetitle">Halo Ade Haryanto</span>
dan kode
<p>Ini konten halo Ade Haryanto loh..</p
>


Untuk mencoba aplikasi yang telah kita buat di windows 8.1 dengan cara klik tombol Local Machine di bagian bawah menu barisan Debug, Team, Tools . (saya menyarankan anda menggunakan Local Machine karena langsung menggunakan sistem yang ada di pc kita dan dengan sfesifikasi misalnya ram di pc atau leptop kita.


S
aya menggunakan dual monitor dan 1 hardware sistem jadi disebelah kiri untuk testing aplikasi dan disebelah kanan untuk coding aplikasinya.

berikut penampakan tombol yang digunakan 
sewaktu kita mencoding dan menutup emulator.
  1. tombol pause = untuk mempause sejenak program emulator yang sedang berjalan.
  2. tombol stop = untuk memberhentikan aplikasi emulator yang sedang berjalan.
  3. tombol restart = untuk merestart aplikasi simulator dan biasanya digunakan pada saat aplikasi tidak berubah atau mengalami crash.
  4. tombol refresh = untuk memperbaharui konten yang ada didalam program simulator, misal kita pertama membuat kata "hai ade haryanto" ingin kita tambah coding "<b>Hai Ade Haryanto, Apa Kabar?</b>" tanpa menutup emulator kita dapat menggunakan refresh untuk melihat hasilnya.

Full Code :


Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama
Post ADS 1
Post ADS 2